Saturday 24 September 2011

Manfaat dan Bahaya Minuman bersoda

بسم الله الر حمن الر حيم

Jenis minuman ini sangat digemari oleh sebagian besar dari kita.  Karena keunikan rasa dan efek yang dirasakan  setelah meminumnya, minuman soda seringkali digunakan untuk  dijadikan minuman pengganti untuk menghilangkan dahaga. Minuman soda juga cocok untuk menjamu tamu.

Air soda merupakan sejenis air yang dikarbonasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda mendapatkan namanya dari garam natrium yang dikandungnya mengatakan senyawa 'bergaram,' menambah kualitas yang berbeda bagi sejumlah minuman beralkohol dan tanpa alkohol (http://id.wikipedia.org/wiki/Air_soda diakses pada 24 September 2011 pukul 19:21 wib). Karbonasi akan terjadia apabila karbon dioksida larut dalam air atau dalam senyawa kimianya adalah H2O + CO2 -> H2CO3.

Namun, tahukah anda manfaat dan bahaya minuman bersoda? Jika belum, saatnya anda untuk mengetahuinya agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Di Amerika, sekitar 6000 kematian terjadi akibat konsumsi minuman bersoda dan minuman manis selama dekade terakhir. Penelitian memberikan gambaran bahwa mengkonsumsi lima-delapan kaleng untuk sehari dapat mengakibatkan tambahan sekitar 1.200 ekstra kalori dan 328 gram gula pada tubuh. Selain itu, kandungan soda pada minuman soda dapat membuat anda merasa haus terus menerus, karena soda dapat membuat anda dehidrasi.

Sementara itu, air soda mengandung gula yang tinggi (soda mengandung gula sekitar 250 kalori per 600 ml) sehingga bisa membuat anda menjadi gendut. Selain mengandung gula yang tinggi, air soda mengandung asam soda yang tinggi pula. Asam soda inilah yang dapat merusak gigi dengan cara mengikis gigi sedikit demi sedikit. Selain mengikis gigi, air soda juga dapat mengikis tulang lewat kandungan yang bernama asam fosfor

Sedangkan manfaat soda adalah:
  • Air Soda dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada kamar mandi.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan karburator.
  • Sebagai pembersih karat.
  • Soda dapat digunakan untuk membersihkan noda yang mengandung lemak pada pakaian.
Jika manfaat soda saja bisa mengerikan seperti itu, apakah anda masih berpikiran untuk mengkonsumsi soda secara berlebihan?

Jika dirasa soda berbahaya, silakan anda manfaatkan buah-buahan berikut untuk memperbaiki kondisi tubuh anda:
Jambu biji, tomat, lombok/cabai, telur, tebu, nanas, mangga, belimbing

Semoga bermanfaat,,,

0 comments:

Post a Comment